CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Saturday, November 22, 2008

Untuk Segala Sesuatu Ada Waktunya..


Ia, yang memulai pekerjaan baik di antara kamu akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus. - Phil 1:6

Tidak ada jalan pintas untuk menuju kedewasaan.
Ianya perlu waktu beberapa tahun bagi seorang anak untuk mencapai tahap kedewasaannya seperti buah yang matang memerlukan waktu untuk masak dan matang. Demikian halnya pula dengan buah-buah Roh. Pertumbuhan karakter keKristenan tidak boleh dilakukan dengan tergesa-gesa. Pertumbuhan rohani, sama seperti pertumbuhan jasmani memerlukan waktu.Bila anda mendewasakan atau mematangkan buah sebelum waktunya dengan bahan kimia contohnya,maka buah itu akan kehilangan rasanya.Tomato di Amerika syarikat banyak dipetik sebelum mereka matang agar mereka tidak cepat rosak dalam perjalanan dan bila dijual, mereka diberi gas CO2(karbon dioksida) agar tomato itu segera menjadi merah. Mereka boleh dimakan, namun rasanya kalah dengan tomato yang matang perlahan-lahan di pokok aslinya.

Jika kita khuatir tentang bagaimana kita harus cepat bertumbuh, Allah lebih mementingkan bagaimana kita mendapat kekuatan untuk bertumbuh. Allah memperhatikan kehidupan kita di dalam kekekalan-Nya,sehingga Dia tidak pernah tergesa-gesa.

Lane Adams pernah membandingkan pertumbuhan rohani ini dengan strategi tentara Sekutu waktu membebaskan pulau-pulau di Selatan Pasifik pada waktu Perang Dunia ke II. Setelah dilakukan pengeboman dari udara, kemudian, sebuah persatuan Gerak Cepat dari Marinir menduduki daerah hujung pantai pulau tersebut. Dari situlah kemudian tentara Sekutu itu maju perlahan-lahan dan akhirnya mereka berhasil menduduki seluruh pulau tanpa korban nyawa yang banyak.

Adams menarik persamaannya sbb: Pada waku masalah-masalah datang seperti bom yang bertubi-tubi dan rasanya kita tidak boleh menanganinya, pada saat seperti itulah Tuhan datang mengetuk pintu hati kita dan pada saat kita membuka hati, di situlah Tuhan masuk. Dan mulai menduduki hujung pantai hati kita. Masih perlu banyak perjuangan dan waktu untuk kita boleh menyerahkan seluruh hati kita kepada Tuhan, tetapi tidak apa karena Tuhan dalam Firman-Nya pernah mengatakan:
“Ia yang telah memulai pekerjaan baik di dalam kamu, akan mengerjakan-Nya sampai pada kesudahan.”

Pemuridan adalah suatu proses untuk dapat menjadi lebih menyerupai Dia. Menjadi serupa Dia adalah tujuan kita tetapi perjalanannya adalah seumur hidup. Setiap hari Tuhan ingin agar kita sedikit demi sedikit diubahkan menyerupai Dia.

Hari ini kita mungkin rindu agar kematangan kita boleh dipercepatkan, tapi Tuhan tertarik lebih pada kekuatan dan kestabilan kehidupan rohani kita. Kita ingin masalah-masalah kita cepat diselesaikan, pencobaan-pencobaan segera disingkirkan dan kesakitan kita segera dibebaskan. Tetapi kedewasaan yang benar bukanlah hasil dari sebuah pengalaman saja, melainkan kedewasaan itu bertumbuh secara bertahap.

Alkitab mengatakan:
“maka kita akan diubah secara bertahap menjadi serupa dengan gambarnya dalam keindahan dan kemuliaan yang semakin besar…” (2 Kor 3:18b terj: The Message, Colorado Spring)

The Purpose Driven Life — Rick Warren

0 comments: